Tuesday, July 12, 2011

Jualan Sukam

Sukam yang Fenomenal
Sudah beberapa bulan ini, sy resmi jadi penjual sukam (susu kambing). Dari SD, emang lumayan sering jualan2, mulai dari nyewain buku (ampe ada saingan bisnisnya juga n waktu itu sempet ga terima karena punya dia yg lebih rame hahaha), jualan kue ke temen2 perumahan, terus pas SMP jual jasa bikin mind-mapping, SMA jualan CD (dengan pelanggan setia bernama Bang Bentar (dmn ya dia sekarang???)), n pas kuliah malah macem2, soalnya buat danus dari macem2 kegiatan. Jualan jajan2an ato molen arab alias molen raksasa secara ilegal di asrama, jual jajan2an di kos (yg biasanya berakhir dengan tak indah krn kudu nombok gr2 pada lupa bayar). Sempet juga bikin usaha pin (ini juga seru, krn melibatkan pertikaian dan banjir air mata, yg kalo diingat2 lg malah jadi lucu). Dan sekarang, sdg jual jasa desain n susu kambing.

Nah, kenapa susu kambing jd sedikit berkesan ke sy? Soalnya, pada awalnya sy sendiri ga suka banget ama yg namanya susu kambing.. Tiap orang tua sy menyeruput dengan enaknya sedikit demi sedikit sukam yg biasanya dihidangkan di atas meja, gelas sy sll tak disentuh. Pdhl resepnya cukup mantap. Kadang dicampur kopi, jahe, atau bandrek.

Tapi, ternyata sukam ini punya value tersendiri, di balik ketidaksukaan sy terhadapnya. Rasulullah aja minum langsung sesaat setelah susu diperah dari si emak kambing. Nah, niat sy sih sebenrnya buat menggairahkan kembali apa yg disukai sm Rasul, karena bnyk bgt manfaat yg terkandung d dalamnya, yg jauh jaaauuuhhh lebih baik daripada kita mengkonsumsi obat2an kimia. Hehehe malah jadi promosi ya? Tp yg sebenernya emang seperti itu. Lanjut ke inti, banyak pengalaman2 yg didapet saat jualan sukam. Pertama yg harus sy lakukan sblm menjual ke orang lain adalah, jual ke diri sy sendiri dulu. Yg aslinya antisukamer, kudu jadi prosukamer. Cukup berhasil, walau terkadang masih terbayang2 sosok kambing yg lagi mengembik2 saat diperas. Ato kadang suka keinget kl pas sesembelihan di Idhul Qurban.. Ga nyambung sih, tp nyatanya itu berhasil bikin perut sy menolak. Nah, akhirnya dg sekuat tenaga dalam pringgodani, sy coba buat menghilangkan imajinasi yg tidak menarik itu. Sy ganti layar pikiran sy dgn mbek yg lg berjemur di pantai (??).

Singkatnya, sy lumayan berhasil buat berubah (horeeee). Dan enaknya, merasakan juga khasiat setelah minum susu kambing. Paling engga, sy bs jual ke orang lain stlh brhsl jual buat diri sendiri.

Kebanyakan, konsumen sy adl org2 yg sy kenal. Yg membuat sy makin sadar bahwa buku telepon di handphone, friendlist di FB, dan follower di twitter, adalah sesuatu yg sangat sangat berharga. Jadi, sekalian ngasih tips berdagang, mulailah dr orang2 yang anda kenal dan jangan berhenti untuk mengenal banyak orang. Ini juga yang bikin motivasi sy buat sekolah lagi muncul. Selain dpt ilmu baru, juga supaya lebih banyak lg orang2 yg dikenal (semoga bs sekolah lagi Ya  اَللّهُ..amiin..)

Nah, tiap nganterin sukam, pasti ada cerita2 seru. Ditanya2in, dikomplain, diberi saran, semua dilakukan oleh para pelanggan yg kebanyakan adalah teman sendiri. Dan karena temen sendiri, yg harusnya dateng, antar terima uang, dan pulang, berubah jadi reunian...Pernah di dua hari ngantar sukam, dua2nya berakhir dengan pulang sore, padahal yg satu nganterin buat 5orang, n yg satunya 2orang. Gara2 apa,coba? Gara2 diajakin main layangan (now I know how to make it fly...horee..thanks,manis!). Pernah juga malah jadi tuker2an film, ato malah jd ngobrol mpe malem. Tp justru di situlah hubungan antara penjual dan pelanggan jd langgeng. Yaa mgkn karena tadinya emang temen kali,ya.. Cuman keadaannya bs dibentuk menjadi spt itu jg. Menjadikan pelanggan sbg teman. Sehingga, akan ada tali tak tampak yg mengikat. Yaa cuman memang ada batasan2 yg membedakan dari kedua istilah itu. Misalnya soal pembayaran, tetep kudu memainkan logika, ntar kl maen perasaan, bs2 semua barang digratisin,deh :D


Terus, yang selanjutnya adalah.. No lazy song. It pushes me to move. Sy yang tadinya sering nyanyi lagu Bruno Mars dengan merdu, jadi (sdkt) berkurang frekuensinya.. Kl kemerduannya mah teteeeep. Lha gmn, kt udh janji sm orang, masa mau seenaknya mengingkari, ntr ga ada yg mau beli lagi..#nangisdipojokan. Selain jd lebi rajin, juga lbh mau soro alias kudu mau susah, apalagi kalo kt baru mulai jualan.. Kiriman sukam yg telat,yg bkin smua sukam basi,, kiriman ke Bekasi yg kaga nyampe2,, ngirim ke tmp yg cukup jauh tp cuman ngirim sebotol doang,, (eh,jd ngeluh..hehe tdk bermaksud ngeluh, cm nostalgia aja). Sy anggap itu sebagai fase berakit2 ke hulu, semoga ada saatnya nnti sy bs naik kapal ke tepian (kl berenang capek,bos :D)


Sudahkah persediaan sukam
ada di kulkas Anda?
Banyak testimoni yang sy dapat dr temen2 setelah nyukam. Ada yang suka, ngerasa seger setelah minum, ada juga yang ngga suka. Kadang rasa sukam juga suka berubah. Kl mbeknya lg g hepi, rasanya bs kambing bgt. Yg udah biasa dg aroma prengus, palingan ngga seberapa mengganggu. Tapi, kalo masih amatiran yaa.. mungkin bakal ga ketelen. Pernah nih, sebut si Y, dia kebetulan dpt yg lumayan prengus, pas ditambahin gula n teh, tetep ngerasa prengus juga, hehe dianya mpe heboh. Eh,tp pas cewenya minum, biasa aja.. hihihi. Ada juga temen bernama S, pas sy tawarin susu kambing, menjawab dg sangat jenaka : "iya,din. ak prnh bli susu kmbing segar, tp ak bnr2 ga cocok. ga bs nelen. ak tw itu sangat baik. tp bnr2 ga bs din. mdh2an yg lain byk yg beli,ya hehe." (amiinn dan #ngakak). Trs baru aja, ada yg nulis status di facebook begini: "abis minum susu kambing murni...mabok. terlalu keras. harus dicampur madu biar gak terlalu kental rasanya. but nice...:) skali2 perlu coba minum susu manusia murni sepertinya.mabok juga gak yaa??" (pikiran dia yg mungkin sedang mabuk wkwkwk). Well, semua it jd motivasi n masukan buat sy. Thanks, pelanggan ;)

Itulah sekelumit yg sy rasakan dan alami selama berprofesi sebagai pengantar sukam. Kl bs dibilang, sy mah bukan master of (sukam) seller, but tidak ada salahnya berbagi, khususnya untuk yg br akan segera memulai dagang (apa saja). Yg punya tips2 lain, jangan lupa bagi2 ya :)





5 komentar:

Danang D. Cahyadi said...

produksi sendiri apa gmana mba? lokasi?

dEe said...

produksi sendiri, lokasi peternakannya di Blitar, Jawa Timur.. berminat nyoba? :D berminat dagang sukam?

Aishi Lely said...

saya suka susuuuu.. tapi belom pernah nyoba sukam hehehe

dEe said...

waaah kudu nyoba tuuuu :D

Tia - tealovecoffee said...

hey dee, lama aku ga mampir sini :D
moga laris manis ya...

iya aku juga mungkin bakal jadi kyk org yg 'ga bisa nelen' :p wkwkwk
*padahal sunnah Rasul SAW yah... piye iki

eh kamu di Sby/ dimana ya? lupa...

Post a Comment

 
Free Website templatesFree Flash TemplatesFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates