Friday, August 26, 2011

Kita Bersaudara


Sesama muslim (dan muslimah) adalah bersaudara. Bukan berarti hubungan saudara yang kebentuk lepas dari selisih dan salah paham, karena hal itu lumrah terjadi, bahkan pada pasangan suami istri. Bagaimana sih menjalin hubungan sesama saudara yang baik itu?

“Barang siapa yang melepaskan kesusahan seorang muslim diantara kesusahan-kesusahan dunia, niscaya Allah akan melepaskan kesusahannya diantara kesusahan-kesusahan hari kiamat. Barang siapa memudahkan orang yang sedang salam kesulitan, niscaya Allah akan memberinya kemudahan dunia dan akhirat. Dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah akan selalu menolong hamba selama ia mau menolong saudaranya.” (HR. Muslim)


Ada beberapa hal yang ditetakankan oleh Rasul tentang hubungan sesama muslim :
1.  Lepaskan kesusahan seorang muslim, Allah akan melepaskan kesusahannya di antara kesusahan-kesusahan hari kiamat.
2. Mudahkan orang yang sedang dalam kesulitan, Allah akan memberi kemudahan dunia dan akhirat.
3. Tutup aib seorang muslim, Allah akan menutupi abinya di dunia dan akhirat.
4. Tolong saudara (sesama muslim), maka Allah akan menolongmu.

Sblm tau ada hadits ini, sy pernah denger sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa "Tolonglah saudaramu, biar Allah yang menolong urusanmu." Ternyata hal ini adalah hal yang dikatakan oleh Rasulullah. Saat kita mendahulukan urusan saudara kita, maka percayalah bahwa Allah yang akan membantu urusan kita. Kadang kita itu suka berpikiran "Wong urusan kita aja udah banyak, ngapain ikut campur ngebantuin urusan orang lain?". Pantes aja masalah/urusan kita nggak habis-habis, itu mungkin karena kita males buat menolong. 

Cewe dikenal sebagai makhluk yang pandai menyebarkan pesan alias bergosip. Kadang, berita-berita yang diungkapkan adalah aib yang harusnya dijaga. Alangkah tidak sadarnya, saat kita berbicara tentang aib orang lain, itu berarti kita sedang membuka aib sendiri. Setiap orang pasti memilikinya, karena manusia adalah makhluk yang tak lepas dari kesalahan. Jangan membuat orang yang ingin berubah lebih baik, menjadi susah untuk mewujudkannya, gara-gara kita membuka aib lamanya. 

Allah, berikanlah aku kelapangan untuk menolong saudaraku dan jagalah lisanku dari membuka aib saudaraku.. 

5 komentar:

ninneta said...

Hai, apakabar sahabat.... :)

Datang untuk mengucapkan,

Selamat hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin.


-Ninneta-

Tia - tealovecoffee said...

Dinaaa, mohon maaf lahir batin ya! Selamat Idul Fitri :D

dina said...

@ninneta & mb tia: mohon maaf juga yaaah :D

andriwms said...

dina,,,selamat siang

dEe said...

tumben maen ksini,ndul :p

Post a Comment

 
Free Website templatesFree Flash TemplatesFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates