Tuesday, June 7, 2011

Asal Mula Permainan Angry Birds

Mikael Hed, CEO dari studio game Rovio di Finlandia, berbicara tentang bagaimana kesuksesan game mereka, Angry Birds, dimulai dari hanya sebuah screenshot yang sederhana dari karakter burung-burung yang tidak bahagia.
Ketika game iPhone yang bernama Angry Birds dirilis akhir 2009 yang lalu, tidak ada seorangpun yang memprediksi bahwa game ini akan sukses besar. Barulah delapan bulan kemudiam, Rovio mobile’s 2D physics puzzler’s mencapai 5 juta penjualan dan tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan. CEO Rovio, Mikael Hed (MH), membicarakan tentang asal-usul perusahaannya dan inspirasi dari Angry Birds.
The Origins of Angry Birds

GamePro : Bisakah kamu menceritakan kembali pada kami tentang bagaimana rovio dimulai dan bagaimana keterlibatan Anda dengan perusahaan ini?
MH : Sepupu saya Nicholas – yang sekarang menjadi COO-  yang telah memulainya. Dia dan beberapa temannya berpartisipasi dalam sebuah kompetisi yang diadakan oleh Hewlett-Packard dan Nokia untuk membuat sebuah game multiplayer real-time untuk telepon seluler.  Mereka menjuari kompetisi tersebut, dan di akhir tahun 2003, mereka resmi memulai untuk bersama membuat game-game. Saya sebenarnya du kali bergabung dengan perusahaan, pertama pada awal 2004 saat hanya ada tiga penemu. Saya bergabung lagi untuk mengelola aspek bisnisnya. Pada tahun 2005, kita investasi kecil-kecilan, dan kemudian berkembang cukup cepat sampai 25 orang.
Saya meninggalkan perusahaan sesaat kemudian, tetapi di awal 2009, saya meminta untuk bergabung kembali. Ketika saya bergabung di 2009, yang dilakukan perusahaan adalah work-for-hire stuff, tetapi tidak ada dari game-game ini menjadi besar, yang dapat mempertahankan perusahaan. Kami bekerja dengan beberapa perusahaan mobile terbesar termasuk Electronic Arts and Digital Chocolate.

GP : Bagaimana kamu dan tim menemukan konsep Angry Bird, sebuah permainan dimana pemain menggunakan ketapel untuk melempar burung yang tidak bahagia pada musuh babi-babi yang terstruktur?
MH : Kami melakukan pekerjaan ketika disewa, sehingga strategi kami adalah akan membuat beberapa judul sebelum kita dapat benar-benar membuat satu yang menjadi hit. Kita mulai untuk mengurangi kontrak agar staf memiliki waktu mengerjakan proyek internal.  Kemudian, kami memiliki beberapa proposal yang datang dari tim, dan satu dari mereka hanya screenshot. Banyak proposal yang kita dapatkan sangat baik untu dipertimbangkan, dan kemudian kita memiliki satu screenshot dari karakter angry bird yang berjalan susah payah di tanah. Semua orang  di ruangan sangat menyukai karakter tersebut.
Pada rapat pertama, kita berkata “Oke, kita harus lihat dulu karakter ini dan kita akan menemukan cara memainkannya”. Sebelum rapat, kami telah menentukan kriteria karakter untuk menentukan permainan seperti apa yang akan dibuat, tetapi kita juga mempertimbangkan bagaimana karakter angry bird.   

GP : Di samping karakter-karakter burung marah yang menjadi ikon, apa yang menjadi inspirasi dari permainan itu sendiri?
MH : Inspirasinya mungkin datang dari permainan lainnya – karena angry bird merupakan hasil dari kombinasi beberapa permainan. Namun, yang paling menginspirasi bagi kami adalah karakternya. Kita mulai mengembangkannya pada Maret 2009. Ada banyak orang yang terlibat dalam proyek selama pengembangannya. Mungkin ada sekitar 10 orang. Sampai pada akhir, kita memiliki 4-5 orang. Saya ingat ketika kembali dari liburan musim panas saya dan berpikir bahwa ini bukanlah game seperti ini bukanlah yang saya inginkan. Kami kembali ke screenshot dan bertanya pada diri masing-masing, mana sesuatu yang dulu membuat kita suka?

GP : Berapa lama pada akhirnya setelah Angry Birds muncul di App Store jelas terlihat bahwa game ini menjadi hit? Apakah ini merupakan tembakan singkat menuju puncak peringkat?
MH : Game ini dirilis pada bulan Desember 2009, dan menjadi nomor satu di Finlandia dalam waktu semalam. Ketika menjadi berada di peringkat sepuluh besar, orang-orang penasaran dengan judulnya dan terus membelinya. Butuh waktu sampai dengan pertengahan Februari bagi Apple untuk mem-feature game ini, dan menjadikannya nomor satu di UK. Pada Februari, masih menjadi nomor satu di US.
Penjualan game ini sekarang sudah mencapai lebih dari 5 juta. Bahkan ketika kemudian muncul iPad, penjualannya menjadi lebih tinggi lagi. Angry Birds versi iPad menjadi lebih menguntukan per unit penjualannya.

The Origins of Angry Birds
GP : Angry Birds adalah satu dari beberapa game yang paling sukses yang dirilis di App Store, tetapi Anda menjualnya hanya seharag $0.99. Apakah ini menguntungkan bagi Rovio dan bagaimana menurutmu tentang struktur harga di kebanyakan game iPhone lainnya?
MH : Saya tidak bisa complain karena kita harus mengingat dimana kita memulainya. Pada awalnya, sangat penting bagi kita untuk memutuskan. Jadi, harga adalah alat untuk mencapai tujuan. Angry Birds sangat sukses sehingga kita dapat mengembangkannya dan mencetak uang dengan banyak cara lainnya.

GP : Apa yang sebenarnya membuat orang di seluruh dunia tertarik pada Angry Birds?
MH : Awalnya kami membuat permainan ini untuk iPhone, dan kami membuat permainan yang menggunakan layar sentuh. Salah satu kriterianya adalah ini dapat diperluas sehingga kami dapat mengaplikasikannya di iPhone dan platform lainnya. Ada pepatah lama : Mudah untuk mendapatkan dan memainkannya tetap sulit untuk menguasainya. Bagian “mudah untuk dipelajari” sangat penting bagi kami. Ketika kamu melihat satu screenshot dari permainan, kami tahu apa yang haru kamu lakukan. Angry Birds sederhana, tetapi masih memiliki tingkat kedalaman. Dapat menjadi sangat menyernangkan yang dapat membuat pemain mengulangi permaniannya lagi dan lagi. Angry Birds mendapatkan nilai tersebut.
Kami mendapatkan banyak sekali surat penggemar. Satu dari 23 orang staf menjawab surat-surat tersebut, dan itulah yang dia lakukan. Sesekali kami mendapatkan sesuatu yang sangat spesial dan kami membalasnya. Kami senang berinteraksi dengan penggemar – itu merupakan sebuah bentuk penghargaan. Ibu dari seorang anak laki-laki mengirimi kami tulisan, mengatakan bahwa anaknya menggambarkan sebuah level dari Angry Birds, dan kami benar-benar menaruh level tersebut dalam permainan melalui sebuah update. Anak-anak sering mengirim gambar dari karakter.  Ada seorang anak yang benar-benar membuat istana untuk para babi dan itu ada di YouTube dimana dia memainkan langsung permainan Angry Birds.

GP : Bisakah kami mengharapkan melihat beberapa permainan baru dari Rovio di masa yang akan datang?
MH : Angry Birds akan keluat dalam beberapa platform, termasuk jarring PlayStation sebagai rilis PlayStation Mini yang dapat diunduh. Biasanya, fokus kami adalah smartphone, tetapi kami mencari cakupan yang lebih jauh daripada permainan. Jadi tidak, anda tidak akan melihat permainan yang baru dalam waktu dekat karena perbaharuan Angry Birds masih menjadi fokus. Kami bekerja di IP yang baru, tetapi  tunggu sampai kami siap untuk mengungkapkannya.

GP : Apakah lebih berharga memiliki tim pengembangan yang kecil dengan hudget yang lebih rendah untuk platform mobile atau anda mengharapkan secepatnya untuk memperluas dan mulai mengerjakan proyek yang lebih besar?
MH : Sekarang, sementara perusahaan kita sedang tumbuh, kita dapat menjalankan beberapa platform sekaligus. Kami sangat baik menjalankan permainan sederhana, jadi selama ini itulah fokus kami. Tim kecil sangat menguntungkan ketika kamu beroperasi di pasar kompleks seperti App Store, terutama ketika  berpikir tentang seberapa seringnya kompetisi yang terjadi di sana. Kita telah melihat banyak kerusakan pada pasar hardware iPhone, tetapi kami berterima kasih pada generasi ketiga iPhone dan iPod Touches yang memiliki prosesor lebih cepat dan kapabilitas grafis yang lebih baik.

4 komentar:

JHONI said...

wahhhh...saya pernah nyoba main game ini....so adicted!!!! memang asyik!!!

dEe said...

hehehe iya, permainannya sederhana tapi seru..

TigerLily said...

aku suka angrybirds, mainnya bnr2 bikin kesel hihihiii


Btw salam kenal ya :)
YURI
http://tigerlilysbook.blogspot.com

anonim said...

ahaha kesel kl g kena musuh2nya,ya?? :D
salam kenal juga..
thanks y dah maen ksini, tungguin kunjungan baliknya :D

Post a Comment

 
Free Website templatesFree Flash TemplatesFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates